SD Muhammadiyah Ambarketawang 2 Laksanakan Review Kurikulum Tahun Pelajaran 2024/2025

 

Pada hari Rabu, tanggal 29 Mei 2024, SD Muhammadiyah Ambarketawang 2 mengadakan acara review kurikulum untuk tahun pelajaran 2024/2025. Acara ini menandai perluasan penerapan Kurikulum Merdeka yang sebelumnya hanya diterapkan di kelas 1 dan kelas 4, dan kini diterapkan di semua kelas, mulai dari kelas 1 hingga kelas 6. Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai pihak penting, termasuk Korwil Kapanewon Gamping, pengawas SD Kapanewon Gamping, perwakilan Pimpinan Cabang Muhammadiyah Gamping, komite sekolah, serta orang tua wali murid.

SD Muhammadiyah Ambarketawang 2 berkomitmen untuk selalu memberikan pendidikan terbaik bagi siswanya. Dengan perluasan penerapan Kurikulum Merdeka ke semua tingkat kelas, sekolah berharap dapat memberikan pengalaman belajar yang lebih menyeluruh dan adaptif terhadap kebutuhan setiap siswa. Kurikulum Merdeka dikenal dengan fleksibilitasnya, memungkinkan guru untuk lebih kreatif dalam mengajar dan memberikan ruang bagi siswa untuk mengembangkan minat dan bakat mereka.

Kepala Sekolah, Ibu Nurkhayati, S.Pd.SD, menyampaikan bahwa penerapan Kurikulum Merdeka di semua kelas merupakan langkah strategis untuk meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah ini. “Kami percaya bahwa Kurikulum Merdeka akan memberikan dampak positif bagi perkembangan akademik dan karakter siswa. Dengan pendekatan yang lebih personal dan relevan, kami berharap siswa dapat lebih termotivasi dan berprestasi,” ujar Ibu Nurkhayati, S.Pd.SD.

Acara review kurikulum ini tidak hanya menjadi ajang untuk memperkenalkan penerapan Kurikulum Merdeka secara menyeluruh, tetapi juga untuk mengumpulkan masukan dan saran dari berbagai pihak. Korwil Kapanewon Gamping, pengawas SD Kapanewon Gamping, dan perwakilan Pimpinan Cabang Muhammadiyah Gamping memberikan apresiasi atas langkah progresif yang diambil oleh SD Muhammadiyah Ambarketawang 2. Mereka berharap sekolah ini dapat menjadi contoh bagi sekolah-sekolah lain dalam menerapkan kurikulum yang adaptif dan inovatif.

Komite sekolah dan orang tua wali murid juga turut berpartisipasi aktif dalam diskusi. Mereka menyampaikan harapan dan kekhawatiran mereka terkait penerapan kurikulum baru ini. Salah satu orang tua siswa, menyatakan, “Kami sangat mendukung penerapan Kurikulum Merdeka ini, tetapi kami juga berharap ada pendampingan yang cukup bagi siswa dan orang tua agar proses adaptasi bisa berjalan lancar.”

Dengan penerapan Kurikulum Merdeka di semua kelas, SD Muhammadiyah Ambarketawang 2 berharap dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih dinamis dan inklusif. Sekolah berencana untuk terus melakukan pelatihan dan pendampingan bagi guru agar mereka siap menghadapi tantangan dalam mengimplementasikan kurikulum ini. Selain itu, sekolah juga akan menyediakan berbagai sumber daya dan fasilitas yang dibutuhkan untuk mendukung proses pembelajaran.

Ibu Nurkhayati, S.Pd.SD menambahkan, “Kami berkomitmen untuk terus berinovasi dan beradaptasi dengan perubahan yang ada demi kemajuan pendidikan siswa-siswi kami. Kami juga mengajak seluruh pihak, termasuk orang tua dan masyarakat, untuk berkolaborasi dalam menciptakan pendidikan yang berkualitas dan berkelanjutan.”

Review kurikulum di SD Muhammadiyah Ambarketawang 2 merupakan langkah penting dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan dan menyiapkan siswa untuk masa depan yang lebih baik. Dengan dukungan dari berbagai pihak dan komitmen kuat dari sekolah, penerapan Kurikulum Merdeka diharapkan dapat membawa perubahan positif yang signifikan dalam proses pembelajaran di sekolah ini. Semua pihak berharap, dengan kurikulum baru ini, siswa dapat tumbuh menjadi individu yang cerdas, kreatif, dan berakhlak mulia, siap menghadapi tantangan di masa depan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top